| |
| Suplemen Vitamin D 2 Kurangi Risiko Jatuh Lansia |
| Senin, 21/01/08, 07:34:12 AM WIB |
| |
|
|
| |
myRMnews. Pernah mendengar orangtua sesekali terjatuh saat tengah berjalan. Ini mungkin terjadi karena sang orang tua kekurangan vitamin.
Nah, berdasakan penelitian ilmuwan Australia, suplemen D2 mungkin dapat mengurangi risiko jatuh pada wanita tua yang notabene berisiko tinggi terjatuh.Vitamin D May Curb Falls in High-Risk Older Women.
”Kira-kira satu pertiga wanita tua yang berusia lebih dari 65 tahun, pasti pernah terjatuh tiap tahunnya. Dan enam persen di antaranya mengalami patah tulang akibat terjatuh tadi,” kata Dr Richard L. Prince dari RS Charles Gairdner di Nedlands, Australia.
”Sebagai tambahan, terjatuh merupakan masalah utama yang umumnya dialami orang tua,” imbuhnya. Karena tubuh memproduksi vitamin D akibat respon terhadap paparan sinar matahari, dan juga karena penelitian ini dilakukan di wilayah yang tidak kekurangan sinar matahari.
Dalam penelitiannya, Prince dan rekan-rekannya merekrut wanita yang memiliki kadar vitamin D dalam darahnya kurang dari median untuk area tempat tinggalnya, yaitu 24 nanogram per milimeter.
Semua partisipan yang berjumlah 302 wanita yang berusia antara 70 hingga 90, serta memiliki pengalaman terjatuh pada tahun-tahun sebelumnya.
Tiap hari, mereka lalu diberi seribu miligram kalsium sitrat. Setengah dari mereka juga menerima seribu unit internasional vitamin D2 (ergocalciferol), sedangkan setengah partisipan lainnya menerima plasebo.
Selama penelitian, 80 wanita atau 53 persen berada dalam kelompok yang diberi D2, dan 95 orang (62,9 persen) di dalam kelompok pengawasan yang setidaknya pernah mengalami jatuh sekali.
Setelah memperhitungkan berbagai faktor, para ilmuwan menyimpulkan bahwa dengan mengonsumsi vitamin D2 dapat mengurangi risiko jatuh, sekurangnya satu kali atau 19 persen.
Hasil penelitian ini telah dipublikasikan dalam jurnal Archives of Internal Medicine pada pertengahan bulan ini. ”Terbukti bahwa terapi ergocalciferol mampu mengurangi pasien terjatuh, setidaknya sekali,” yakin para peneliti.
Suplemen vitamin D yang menambah asupan kalsium yang tinggi, lanjut mereka, juga menurunkan 23 persen risiko terjatuh.
Meski demikian, para ilmuwan menekankan bahwa terapi vitamin D ini tidak akan efektif pada orang tua yang mengalami patah tulang atau cacat karena terjatuh. rm |
| |
|
|
|
|
|
|
Untitled Document
|
|
|
Untitled Document
|
| |
Untitled Document
|
|
|
|